Rabu, 01 April 2020

7 Serba-Serbi di Rumah Aja

Sudah sekitar 3 pekan sejak pemerintah memberlakukan social distancing dan work from home baik itu instansi pemerintah maupun perusahaan swasta bahkan seluruh tingkat sekolah, untuk melakukan pekerjaan/tugas dari rumah masing-masing demi meminimalisir penyebaran virus corona atau Covid-19 yang kini tengah mewabah Indonesia sekaligus memutus rantai penyebarannya.

Hal tersebut tentu mengundang pro dan kontra bagi masyarakat, sebagian menilai sebagai keputusan terbaik, sebagian lain menganggap bekerja dari rumah tidak terlalu efektif.

Belum genap sebulan, sudah mati gaya selama di rumah aja? Padahal banyak lho, yang bisa kamu dapat atau lakukan selama di rumah aja.

1. Mendapat waktu istirahat yang cukup
Tidak sedikit dari para pekerja yang sering terpaksa beristirahat seadanya atau bahkan kurang tidur akibat padatnya jadwal kerja dan lembur.
Saat-saat self quarantine seperti ini pastinya sangat dinanti untuk memperbaiki kuantitas dan kualitas tidur dan istirahat.

2. Leluasa mengatur pengerjaan tugas
Merasa tegang saat mengerjakan tugas di kantor atau sekolah? Dengan work from home kita dapat me-manage waktu yang tepat bagi kita untuk mengerjakannya dengan santai dan relaks. Namun tetap harus konsekuen dan menepati deadline, ya.

3. Lebih dekat dengan buah hati
Bagi para orangtua, bekerja dari rumah tentu serasa mimpi jadi kenyataan. Terutama ibu bekerja. Dapat mendampingi buah hati sambil tetap mengerjakan tugas kantor ibarat pepatah "sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui". Pekerjaan kantor beres, anak-anak pun pasti senang ditemani ayah dan ibu.

4. Quality time bersama keluarga
Serumah tapi jarang bertemu? Adik sekolah, kakak kuliah, dan kedua orangtua bekerja. Selama masa di rumah aja, akhirnya kalian akan punya banyak family time, seperti sarapan dan makan malam bersama, mengobrol santai sembari minum teh/kopi, bahkan melakukan kegiatan beres-beres rumah bersama.

5. Melakukan me-time atau hobi
Mulai jarang melakukan self-care atau bahkan tidak ada waktu untuk menyalurkan hobi karena sibuk bekerja/sekolah? Tenang, daripada gabut di rumah aja, kamu bisa mulai melakukan metime misalnya merawat diri dan mencoba rangkaian skincare baru, serta kembali pada hobi-hobi lama seperti membaca buku, menonton film/drama, bahkan rutin berolahraga.

6. Mencoba dan mempelajari hal baru
Setiap hari adalah hari Minggu? Tidak perlu merasa bosan. Banyak hal baru yang dapat kamu coba lakukan di rumah. Belajar memasak, menjahit, atau crafting? Kamu juga bisa mengasah skill dan keterampilan kamu lebih baik. Lebih sering melukis atau membuat tutorial make-up dan bermain musik, misalnya.

7. Lebih peka dengan lingkungan sekitar
Selama berada di rumah aja kita mau tak mau akan lebih memerhatikan keadaan di dalam dan di lingkungan sekitar rumah. Mencari tahu bagian-bagian rumah mana yang perlu dibersihkan/direnovasi, misalnya. Tak jarang kita mendapati tetangga kiri-kanan yang mungkin juga sedang berkegiatan. Menjalani social distancing bukan berarti berhenti bersosialisasi sama sekali. Kita masih tetap dapat saling bertegur sapa sembari bertukar informasi mengenai perkembangan situasi terkait Covid-19 ini.

Kendati demikian hendaknya kita bijak dalam menyikapi situasi terkini. Tetap menjaga jarak aman, dan di rumah aja kecuali ada keperluan yang sangat mendesak seperti berbelanja kebutuhan keluarga.

Bagaimanapun inilah saatnya kaum rebahan pun bisa menjadi pahlawan meski di rumah aja. Kita mengambil peran yang tak kalah penting dengan rekan-rekan pahlawan medis kita yang tak henti berjuang di garda terdepan memerangi virus corona yang masih merajalela sejak kasus pertama.

Jadi, tolong ya, gais. Sampai pemberitahuan resmi selanjutnya, yuk, kita tetap di rumah aja. :)

2 komentar:

  1. udah kece nih kak, untuk awalan artikel di paragraf pertama, sisipkan gambar juga ya kak! keep writing

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas masukannya dan sudah menyempatkan mampir, Kak Grandys... •^v^•

    BalasHapus

It's my pleasure to know that you've left a comment here. Arigatou~~ *^_^*