Minggu, 12 April 2020

Dalgona Iced Coffee Anti Gagal

Hello, Kanca Ngopi!
Kalian pasti sudah nggak asing lagi dengan Dalgona Iced Coffee yang viral belakangan ini. Varian kopi yang hits ini berasal dari Korea Selatan, loh. Nama Dalgona sendiri diambil dari nama kue tradisional Korsel yaitu kue Dalgona merujuk creamy foam kecoklatan yang bentuknya menyerupai kue tersebut. Unik, ya.

Di masa self-quarantine akibat pandemi Corona ini, banyak netizen yang kemudian berlomba-lomba mencoba membuat Dalgona Coffee sendiri di rumah. Mereka pun mengunggahnya ke media sosial dan menjadi tren.

Nggak mau ketinggalan hype? Kuy, coba bikin Es Kopi Dalgona ala kamu di rumah. Bahan dan cara buatnya gampang banget dan dijamin anti gagal!!

Bahan:
  • Kopi Nescafe Classic
  • Gula
  • Air panas
  • Susu cair UHT Plain
  • Es batu
Cara membuat:
  1. Campur kopi+gula+air panas dengan perbandingan 1:1:1 sendok makan. Aduk rata menggunakan garpu/pengocok/mixer hingga rata dan mengembang. Foam dikatakan sukses apabila sudah berwarna coklat muda dan tidak tumpah ketika dibalik. 
  2. Siapkan es batu dalam gelas secukupnya. 
  3. Tuangkan susu cair ke dalam gelas berisi es batu, setengah bagian saja. 
  4. Masukkan adonan creamy foam di bagian atas susu hingga memenuhi bagian gelas. 
  5. Tada! Selesai. 
Dalgio Iced Coffee ala Ume
Overall minuman ini beraroma wangi khas kopi. Creamy foam-nya ini yummy sekali dengan teksturnya lembut. Pahit kopinya terasa, segar susunya pun dapat. Ditambah es batu, this is perfect for a hot long day. Padahal aku bikinnya malam-malam.

Aku sendiri alhamdulillah langsung berhasil dalam percobaan pertama. Ini juga nggak lepas dari hasil riset dan tanya ke teman-teman yang sudah lebih dulu bereksperimen. Muahkasih. 

Nah, apa tipsnya biar nggak gagal? 
Poin terpenting dari misi pembuatan kopi Dalgona ini adalah meracik creamy foam-nya. Kalian harus pilih kopi hitam yang tanpa gula. Kemudian, patuhi perbandingan, hindari memberi air terlalu banyak. Selanjutnya, konsistensi untuk mencampur ketiga bahan tersebut. Karena meski sederhana tapi gampang-gampang susah loh, mengaduknya. Apalagi kalau kalian nggak ada mixer dan terpaksa melakukannya manual. Kayak aku. Dengan garpu dan kekuatan/kecepatan tangan perempuan yang nggak pernah masak, butuh sekitar 20-30 menit untuk menghasilkan adonan foam mengembang sempurnah. 
Gitu ya, gengs...
Oh iya, kalau kalian nggak bisa minum kopi atau mau  coba varian lain bisa pakai bubuk Milo/Chocolatos. Dan biar lebih hemat, susu UHT bisa diganti dengan susu bubuk yang sudah diseduh terlebih dahulu, atau kental manis. Rasanya nggak jauh beda, kok.

Selamat mencoba, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

It's my pleasure to know that you've left a comment here. Arigatou~~ *^_^*